Lourdes Dan Fatima, Jejak Abadi Iman Katolik

Tidaklah dipungkiri bahwa Eropa Barat merupakan satu belahan dunia yang paling banyak menebar pesona bagi masyarakat pecinta wisata. Dari Belanda yang dijuluki negeri Kincir Angin, Perancis sebagai salah satu ikon fashion dunia, Belgia penghasil coklat lezat, dan banyak lagi. Di samping itu, tidak sedikit dari negara-negara tersebut yang menjadi bagian dari sejarah Katolik, bersama beberapa negara lain di luar Eropa Barat. Portugal, misalnya. Berikut ini adalah beberapa tempat wisata dan ziarah di Eropa yang akan memberikan Anda pengalaman luar biasa yang tak terlupakan:

Volendam


photo by jansnoek.nl

Kota kecil di negeri Kincir Angin ini adalah sebuah kota pelabuhan, karena terletak di mulut sungai Ij. Kota yang sebagian besar penduduknya adalah para petani dan nelayan ini pernah menjadi tempat favorit para seniman kelas dunia seperti Picasso dan Renoir yang semasa hidupnya kerap menghabiskan waktu mereka di sana.

Lokasinya yang dekat dengan Amsterdam, ibu kota Belanda, membuat Volendam tidak pernah surut dikunjungi para wisatawan. Selain kapal-kapal nelayan yang berlabuh, deretan kedai kopi, rumah makan,dan toko cinderamata juga menghiasi kota ini. Ada pula beberapa patung nelayan yang terbuat dari tembaga yang sengaja dipajang di beberapa sudut kota. Para wisatawan juga dapat mengabadikan kunjungan mereka dengan berfoto mengenakan pakaian tradisional khas Belanda di Volendam.

Gereja Medali Wasiat – Paris


photo by jenasahstchatrinelaboure_wikimedia.org

Gereja ini diyakini sebagai situs tempat St. Catherine memperoleh pengalaman spiritualnya, yaitu penampakan Bunda Maria kepada dirinya sebanyak tiga kali. Penampakan pertama terjadi pada Juli 1830, yang ke-2 terjadi pada November 1830, dan yang ke-3 terjadi pada Desember 1830. Awalnya St. Catherine ingin merahasiakan hal ini seumur hidupnya, namun menjelang ajalnya pada Desember 1876 rahasia itu terkuak.

Medali wasiat sendiri adalah simbol penampakan berupa sebuah medali yang muncul di belakang altar di kapel tempat St. Catherine bermeditasi pada suatu hari, yang diiringi oleh suara yang berujar “Sinar ini adalah lambang rahmat yang Santa Perawan peroleh bagi mereka yang memohon kepadanya.”

Ketika dilaksanakan penggalian makam St. Catherine, secara menakjubkan jasadnya ditemukan dalam keadaan terawat dengan baik. Hingga kini jenazah St. Catherine diletakkan dalam peti kaca di gereja ini. St. Catherine dianugerahi gelar Santa oleh Paus Pius XII pada Juli 1947.

Sebuah patung Bunda Maria bermahkotakan 12 bintang dengan sinar rahmat yang memancar dari kedua tangannya ke arah lantai berdiri di dekat altar di gereja ini. Patung yang terbuat dari pualam putih ini dipahat pada tahun 1850.

Lourdes


photo by fratres_files_wordpress.com

Lourdes, sebuah kota di kaki pegunungan Pyrenees, merupakan tempat ziarah umat Katolik terbesar di Perancis. Tempat ini menjadi situs yang dihormati dan dianggap sakral karena adanya penampakan Perawan Maria Terberkati kepada seorang anak kecil bernama Bernadette Soubirous (sekarang dikenal sebagai St. Bernadette), tepatnya di Grotto of Massabielle yang terpencil.

Setiap bulan Maria, yaitu Mei dan Oktober, peziarah dari segala penjuru dunia berkunjung ke Lourdes untuk berdoa maupun mencicipi mata air grotto yang konon mampu menyembuhkan berbagai penyakit.

Lourdes merupakan goa Maria terpopuler di dunia selain goa Maria di Guadalupe, Meksiko dan goa Maria di Fatima, Portugal. Tercatat sekitar enam juta peziarah mengunjungi Lourdes setiap tahunnya.

Fatima


photo by wikimedia.org

Goa Maria yang berada di Fatima, Portugal ini dibangun pada tahun 1928 dan disucikan pada Oktober 1953. Diyakini bahwa di situs ini Bunda Maria pernah menampakkan dirinya kepada tiga anak kecil pada tahun 1917. Mereka adalah Fransisco Marto, Jacinta Marco, dan suster Lucia dos Santos, yang makamnya berada di lokasi ini hingga saat ini.

Tepat di pusat Basilika terdapat Kapel Penampakan dan titik di mana terjadinya penampakan ditandai dengan sebuah pilar pualam yang menyangga patung Perawan Maria.

Pada Mei 1982, Paus Yohanes Paulus II menginagurasi Pusat Pastoral Paulus VI sebagai pusat studi di lokasi ini. Bangunan ini mampu menampung lebih dari 2.000 orang dan memiliki penginapan yang dapat menampung 400 peziarah.

Tercatat sekitar empat juta peziarah mengunjungi Goa Maria Fatima setiap tahunnya.

Jadwal ziarah & wisata Lourdes – Fatima 2011 :

• 16 November– 02 Desember : Fatima – Lourdes ( The way of St. James )
• 01 November – 20 November : Beautiful West Europe

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi Raptim Tours & Travel di nomor telepon atau alamat yang tercantum di website ini.

Beri komentar:

Email anda tidak akan ditampilkan. Kotak dengan tanda (*) wajib diisi

*


8 − four =