Wisata Negeri Dewa Dewi – Bagian 1

Eksotis, lincah, spicy, adalah beberapa kata yang terbersit di kepala apabila kita membayangkan India. Negara yang sarat budaya dan terkenal akan Bollywood-nya yang fenomenal ini merupakan salah satu negara di Asia yang paling banyak menarik perhatian wisatawan. Berikut ini adalah sejumlah destinasi wisata magical di negeri dewa dewi itu:

Amer Fort


photo by 123rf.com

Sekitar 11 km dari Jaipur, negara bagian Rajasthan, terletak sebuah kota kecil Amer. Di sanalah berdiri Amer Fort, sebuah benteng megah peninggalan Raja Alan Singh Chanda.

Benteng bergaya Hindu dan Islam ini dibangun oleh Raja Alan Singh Chanda, seorang raja Meenas pada abad ke-16. Letaknya di atas bukit, menghadap ke danau Maota. Terbuat dari marmer putih dan batu pasir merah, dengan sejumlah gerbang dan jalan bebatuan, benteng ini sungguh sebuah karya seni yang cantik.

Amer Fort juga dikenal sebagai istana Amer, yang dahulu dihuni oleh Rajput Maharajas beserta keluarga mereka. Tidak jauh dari gerbang Ganesh, terdapat sebuah kuil tempat pemujaan kepada dewi Sila Devi, yang merupakan hadiah bagi Raja Mansingh ketika ia mengalahkan raja dari Jessore (sekarang Bangladesh) di Bengal pada tahun 1604.

Kota Amer sebenarnya memiliki banyak peninggalan kuno dari masa raja Meenas, hanya saja kebanyakan telah rusak atau diganti. Amer Fort adalah salah satu yang lestari hingga saat ini. Hal yang paling menarik para wisatawan adalah kesempatan untuk mengagumi benteng ini sambil menunggang gajah. Tercatat ribuan orang berkunjung ke sana setiap harinya.

Taj Mahal


photo by goleoo.com

Siapa yang tak kenal atau belum pernah mendengar sedikit pun tentang ikon India ini? Taj Mahal, yang sekilas tampak seperti sebuah mesjid, adalah sebuah musoleum ternama yang terletak di Agra.

Adalah Shah Jahan, seorang kaisar Mughal yang membangun Taj Mahal untuk istrinya, Mumtaz Mahal. Mumtaz Mahal adalah istri Shah Jahan yang berdarah Persia yang wafat sewaktu melahirkan putra mereka. Musoleum mahakarya arsitektur Mughal ini memakan waktu 23 tahun untuk pembangunannya dengan mengerahkan sekitar 20.000 pekerja yang terdiri dari tukang emas, pengukir, dan tukang batu terkenal dari seluruh dunia.

Taj Mahal, satu dari tujuh keajaiban dunia ini dihiasi dengan marmer putih, mozaik, serta berbagai jenis batu permata seperti berlian, kristal, topaz, dan zamrud. Kolam dan taman nan cantik terhampar di bagian depan bangunan ini.

Pada 1983 Taj Mahal resmi terdaftar sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO.

Qutb Minar


photo by dooyoo.co.uk

Qutb Minar adalah sebuah menara tertinggi di India. Terletak di Delhi, menara batu setinggi 72.5 meter dengan 379 anak tangga ini adalah salah satu contoh arsitektur Indo-Islami pertama yang termashyur.

Konstruksi Qutb Minar diprakarsai oleh Qutb-ud-din Aibak pada tahun 1199 yang terinspirasi oleh Minaret of Jam di Afghanistan. Terbuat dari batu pasir merah dan marmer, dengan diameter dasarnya sepanjang 14.3 meter dan diameter puncak 2.7 meter. Menara ini dihiasi pahatan yang sangat rumit dan kutipan ayat-ayat Qur’an, juga sejumlah tulisan dalam huruf Arab dan Nagari .

Ada beberapa pendapat perihal tujuan dibangunnya menara ini, di antaranya disebut bahwa menara ini dibangun untuk memanggil umat Islam untuk bersembahyang. Terlepas dari tujuan sebenarnya, Qutb Minar telah memperkaya sejarah India. UNESCO pun telah mencatat menara ini sebagai situs warisan dunia.

India Gate


photo by en.wikipedia.org

Terinspirasi oleh Arch de Triomphe di kota Paris, India Gate adalah sebuah monumen nasional yang terletak di jantung kota New Delhi. Dirancang oleh Sir Edwin Lutyens dan dibangun pada tahun 1931, monumen ini ditujukan untuk mengenang 90.000 serdadu India yang tewas pada Perang Dunia I dan Perang Anglo-Afghan III.

Bangunan setinggi 42 meter ini berdiri di atas sebuah kompleks berbentuk heksagonal seluas 306.000 m2. Dia bagian bawahnya terdapat tempat pemujaan Amar Jawan Jyoti, terbuat dari marmer hitam, yang menandai makam serdadu tak dikenal. Terpasang juga tiga bendera yang mewakili angkatan darat, angkatan laut, dan angkatan udara. Setiap harinya tiga serdadu dari masing-masing angkatan berjaga di sana.

Hingga saat ini, sudah menjadi kebiasaan bagi Presiden dan Perdana Menteri India serta para tamu negara untuk mengunjungi India Gate pada setiap acara kenegaraan.

Jadwal wisata :

• Golden Triangle – Taj Mahal : 26 – 31 Desember 2011
• Golden Triangle – Shimla : 24 Desember 2011 – 1 Januari 2012
• Kashmir Golden Triangle : 24 Desember 2011 – 1 Januari 2012

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi Raptim Tours & Travel di nomor telepon atau alamat yang tercantum di website ini.

Beri komentar:

Email anda tidak akan ditampilkan. Kotak dengan tanda (*) wajib diisi

*


eight − 5 =