Trekking Spektakuler – Bagian 1

Bagi para pecinta alam, kegiatan trekking tentu bukanlah suatu hal yang asing. Trekking adalah kegiatan berjalan kaki jarak panjang melintasi alam, misalnya pegunungan, hutan, dan area lain di mana biasanya alat transportasi tidak tersedia. Berikut ini adalah tiga destinasi wisata trekking terpopuler di dunia :

GR20

photo by lonelyplanet.com

IJalur trekking yang satu ini terletak di Corsica, Perancis. Dengan panjang sekitar 168 km, melalui hutan, danau es, pegunungan, puncak bersalju, rawa, kawah, dengan medan berbatu yang licin, GR20 merupakan trek pegunungan paling berbahaya namun paling diminati di Eropa.

Dibutuhkan 15 hari untuk menyusuri jalur trek di GR20 dari awal hingga akhir, yang terdiri atas 16 stasi. Setiap orang yang ingin melakukan aktivitas di sini harus sungguh-sungguh terlatih dan melakukan persiapan dengan baik. Selain medannya yang sangat berat, pemandangan alam yang spektakuler juga akan meninggalkan kesan tak terlupakan seumur hidup bagi mereka yang telah menginjakkan kaki di sini.

Inca Trail

photo by destination360com

Peru, sebuah negara kecil di Amerika Selatan, terkenal akan situs Machu Picchu peninggalan suku Inca. Situs yang merupakan salah satu obyek wisata terfenomenal di dunia ini menjadi jalur trekking paling populer di Amerika Selatan. Dengan panjang sekitar 33 km, jalur ini terbentang dari Sacred Valley hingga Machu Picchu. Medannya naik turun mengitari pegunungan.

Inca Trail terdiri atas 3 jalur. Pemandangan yang terbentang berupa pegunungan dengan puncak yang tertutup salju, hutan sub tropis yang lebat, serta perpaduan unik antara jalan berbatu, terowongan dan reruntuhan peninggalan suku Inca. Dibutuhkan 4 hari untuk menempuh jalur trekking di sini, namun harus mendapat ijin dari otoritas setempat dan didampingi oleh pemandu berlisensi. Kondisi tersebut mengharuskan para peminat trekking Inca Trail mendaftarkan diri beberapa bulan sebelumnya. Perlu dicatat bahwa Inca Trail ditutup untuk umum setiap Februari

Routeburn Track

photo by trekearth.com

Selandia Baru memang terkenal akan keindahan alamnya. Negara yang sering menjadi lokasi shooting film layar lebar ini, di antaranya trilogi Lord of The Rings, memiliki daerah pegunungan, dataran, dan hutan yang serba hijau. Routeburn Track adalah jalur trekking yang terletak di South Island, Selandia Baru.

Dengan panjang sekitar 32 km, Routeburn Track umumnya dapat ditempuh selama 3 hari. Jalurnya melintasi 2 taman nasional, Fiorland dan Mt. Aspiring, dengan 2 spot ternama yaitu Harris Saddle dan Conical Hill di mana para trekker dapat menikmati pemandangan pantai di kejauhan. Routeburn Track meliputi 4 stasi, dan sebuah tempat perlindungan darurat dibangun di Harris Saddle. Tempat ini juga dijadikan lokasi lomba lari yang biasa diselenggarakan pada bulan April atau Mei setiap tahunnya.

Beri komentar:

Email anda tidak akan ditampilkan. Kotak dengan tanda (*) wajib diisi

*


nine − = 4