WISATA KULINER NUSANTARA – BAGIAN 3

Banyaknya pulau dan keragaman etnis menjadikan Indonesia sebuah negara yang kaya akan budaya, tradisi, sejarah, sumber daya alam, dan keindahan alam. Jika kita berbicara tentang budaya, tentu kuliner termasuk di dalamnya. Saking berlimpahnya aneka makanan dari masing-masing daerah di Indonesia yang semuanya memiliki cita rasa yang khas, wisata kuliner pun semakin diminati baik oleh penduduk lokal maupun wisatawan manca negara. Berikut ini adalah sedikit informasi tentang makanan atau jajanan khas dari beberapa kota di bumi Nusantara :

Bukittinggi

Kota yang pernah menjadi ibukota Indonesia pada masa Pemerintahan Darurat RI ini terletak di provinsi Sumatera Barat. Selain terkenal sebagai kota perjuangan, Bukittinggi juga terkenal sebagai kota wisata berhawa sejuk dan merupakan sister city dari Seremban di Negeri Sembilan, Malaysia. Bukit Barisan, Ngarai Sianok dan Jam Gadang adalah 3 ikon Bukittinggi. Berikut ini adalah 2 jenis masakan yang wajib dicicipi jika bertandang ke kota yang pernah dijuluki sebagai Parijs van Sumatra :

Sate Padang

Photo by satepadang

Sate Padang sangat terkenal dan banyak dijumpai di hampir seluruh penjuru Indonesia. Namun jika menikmatinya di tanah asalnya, akan terasa lebih afdol. Sate yang terbuat dari daging, hati, dan lidah sapi ini disiram kuah kental kuning yang gurih dan pedas. Biasanya disantap bersama lontong/ketupat. Rekomendasi : Sate Padang Mak Syukur, Jl. Sutan Syahrir Silaing Bawah, Padang Panjang.

Itiak Lado Mudo

Photo by itiakladomudo

Masakan berbahan dasar daging itik ini masuk dalam ketegori gulai. Awalnya merupakan masakan istimewa yang khusus disajikan pada hajatan atau pesta adat di Kotogadang dan sekitarnya. Daging itik disajikan dengan disiram kuah kental yang nampak seperti opor, berwarna kehijauan karena menggunakan cabai hijau (lado mudo). Rekomendasi : Itiak Lado Mudo RM Ngarai, Jl. Ngarai Binuang 41, Bukittinggi.

Medan

Selain sebagai ibukota provinsi Sumatera Utara, Medan adalah kota terbesar di pulau Sumatera dan di Selat Malaka. Terdapat tiga etnis mayoritas di kota tersebut, yaitu etnis Batak, etnis Minangkabau dan etnis Tionghoa, yang kebanyakan mencari nafkah dengan cara berdagang. Medan juga menjadi pintu gerbang bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke Brastagi, Danau Toba, dan Bukit Lawang tempat penangkaran orangutan. Di kota ini juga terdapat banyak bangunan tua bergaya kolonial serta bangunan bersejarah lainnya seperti Istana Maimun dan Masjid Raya Medan. Berikut ini adalah kuliner khas Medan yang menarik banyak peminat :

Soto Medan

Photo by sotomedan

Soto Medan sangat populer dan mudah diperoleh di kota Medan. Namun soto Medan a la Kesawan memiliki keunikan karena dilengkapi dengan udang sebagai isiannya, selain daging ayam dan jeroan. Rekomendasi : Soto Kesawan, Jl. Ahmad Yani No. 116, Medan.

Gulai Ikan Asap

Photo by guleikanasap

Sekilas ikan yang dijadikan bahan utama masakan ini tampak seperti ikan lele. Ikan tersebut diasap terlebih dahulu, kemudian dicampur dengan kuah gulai kental. Biasanya dihidangkan bersama nasi putih, tumis bunga pepaya, teri kacang balado, dan sambal. Sangat menggugah selera. Rekomendasi : RM Sipirok, Jl. Sunggal No. 14, Medan.

Palembang

Kota yang terkenal akan kerajinan kain songketnya ini merupakah ibukota provinsi Sumatera Selatan. Diberi julukan Bumi Sriwijaya karena pernah menjadi ibukota kerajaan Sriwijaya pada abad ke-9, Palembang memiliki sejumlah ikon yang menarik wisatawan, di antaranya adalah Jembatan Ampera dan Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin I yang merupakan masjid terbesar di Sumatera Selatan berdaya tampung 15.000 jemaah. Jika Anda berkesempatan mampir ke kota Palembang, sempatkanlah untuk mencicipi dua jajanan ini :

Pempek

Photo by pempek

Siapa yang tak kenal pempek, camilan khas Palembang berbahan dasar sagu dan ikan tenggiri? Dinikmati bersama kuah cuka berwarna kehitaman dan cincangan mentimun. Jika mau, bisa ditambahkan mie dan sejenis abon ikan yang sangat halus. Ada beberapa jenis pempek, antar lain lenjer, adaan, kapal selam, lenggang, dan panggang. Rekomendasi : Pempek “Saga” Sudi Mampir, Jl. Merdeka (depan kantor walikota).

Mie Celor

Photo by miecelor

Celor dalam bahasa Palembang berarti “seduh”. Mie celor terdiri dari mie, tauge, irisan telur rebus, udang, kaldu udang dan kuah santan. Irisan daun kucai dan taburan bawang goreng dijamin membuat jajanan ini semakin membahagiakan lidah. Rekomendasi : Mie Celor Asli HM Syafei Z, Jl. KH Ahmad Dahlan No. 2, Ilir, Palembang.

Beri komentar:

Email anda tidak akan ditampilkan. Kotak dengan tanda (*) wajib diisi

*


+ 7 = eight