TRADISI PERAYAAN NATAL – BAGIAN 4

Natal adalah hari raya terpopuler di dunia karena dirayakan dengan meriah setiap tahunnya di hampir seantero muka bumi. Di sebagian besar negara di dunia, Natal semakin meriah karena masuk dalam rangkaian libur akhir tahun atau libur musim dingin. Di beberapa negara, perayaan Natal tidak terlepas dari pohon Natal dan kado. Berikut ini adalah artikel singkat tentang tradisi perayaan Natal di sejumlah negara :

Ukraina

Photo by ukraina.blog.friendseat.com

Natal di negara ini dirayakan setiap tanggal 7 Januari dengan tenang dan damai. Jamuan Makan Malam Kudus atau Sviata Vechera dalam bahasa setempat, merupakan puncak dari tradisi perayaan Natal. Acara ini diselenggarakan pada malam Natal, dan biasanya pada meja makan diletakkan taplak bersulam yang dihiasi dengan sejumput jerami guna mengenang kandang tempat bayi Yesus dilahirkan di Bethlehem. Di penghujung Sviata Vechera, setiap keluarga akan melantunkan lagu Natal khas Ukraina, Kolyadky. Gandum merupakan benda penting pada setiap perayaan Natal Ukraina, sebagai simbol penghormatan kepada leluhur dan menandakan panen yang sukses.

Spanyol

Photo by spanyol.destination360.com

Natal di negeri matador ini dirayakan dengan sangat meriah. Dimulai pada 8 Desember di mana umat Katolik merayakan Kehamilan Suci (Immaculate Conception) di depan Katedral di kota Seville. Pada malam Natal, lampu-lampu minyak menghiasi setiap rumah tinggal, dan setelah misa malam Natal dan jamuan makan malam selesai dilaksanakan, orang-orang akan berkumpul di jalanan untuk menari atau sekedar menonton. Tarian Jota, adalah sebuah tarian yang diwariskan turun temurun, ditampilkan setiap malam Natal dengan diiringi gitar dan kastenyet.

Italia

Photo by italia.bbc.co.uk

Perayaan Natal di Italia dimulai sejak 8 hari menjelang hari Natal dan berlangsung selama tiga minggu. Selama itu anak-anak akan berkunjung dari rumah ke rumah sambil membacakan puisi atau menyanyikan lagu-lagu bertema Natal. 24 jam menjelang malam Natal, umat Katolik diwajibkan untuk berpuasa. Setelah itu mereka akan menikmati kue a la Milan bernama panettone dan aneka coklat. Tepat pada hari Natal di siang hari, umat akan berkumpul di halaman Vatikan untuk menerima berkat dari Sri Paus.

Beri komentar:

Email anda tidak akan ditampilkan. Kotak dengan tanda (*) wajib diisi

*


+ two = 10