KASTIL TERINDAH DI DUNIA – BAGIAN 1

Bagi Anda yang pernah menonton film kartun atau animasi, atau pernah membaca buku cerita anak-anak, banyak sekali kisah di film atau buku tersebut yang menampilkan istana yang dihuni oleh raja dan ratu. Di kehidupan nyata pun banyak terdapat istana, terutama di negara-negara yang dipimpin oleh seorang raja atau ratu. Umumnya di negara-negara berbentuk monarki (kerajaan), selain istana juga terdapat sejumlah kastil yang (pernah) berfungsi sebagai tempat tinggal para bangsawan. Kastil yang sudah tidak dihuni biasanya dijadikan museum dan dapat dikunjungi oleh publik.  Berikut ini adalah tiga kastil terindah di dunia versi 10 Most Today.com :

 

Mont Saint Michel

Photo by wikimedia.org

Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, nama kastil ini adalah Gunung Santo Mikael. Berlokasi sekitar 1 km dari pantai barat laut Perancis, tepatnya di Normandia. Kastil ini sesungguhnya adalah bagian dari pulau kecil yang menjulang, dengan luas sekitar 100 hektar, terletak di mulut sungai Couesnon.  Bagian tertingginya mencapai sekitar 92 meter di atas permukaan laut.

Kastil Mont Saint Michel sebenarnya merupakan sebuah biara yang dibangun atas inisatif Aubert, uskup Avranches, setelah terjadi 3 kali penampakan malaikat Michael yang meminta agar sebuah gereja dibangun di sana. Sempat dijadikan penjara pada masa revolusi Perancis hingga masa Kekaisaran Ke-2, kastil ini menjadi tempat bersejarah yang dilindungi oleh pemerintah Perancis sejak 1874. Hingga saat ini ribuan wisatawan maupun peziarah kerap berkunjung ke kastil yang telah terdaftar sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO pada 1979 ini setiap tahunnya.

 

Neuschwanstein


Photo by en.wikipedia.org

Bekas istana yang dibangun pada abad ke-19 ini terletak di barat daya Bavaria, Jerman, tepatnya di sebuah bukit di atas desa Hohenschwangau. Neuschwanstein, yang dalam bahasa Inggris berarti New Swanstone, sebelumnya adalah sebuah istana yang rusak dan dibeli oleh raja Maximilian II dari Bavaria. Kemudian kastil yang rusak dibangun kembali dan diwariskan kepada raja Ludwig II.

Kastil Neuscwhanstein awalnya dirancang dengan gaya arsitektur neo-Gothic, namun pada akhirnya lebih cenderung bergaya Romanesque, yang adalah tipikal istana abad ke-19. Dekorasinya sangat menarik dan bertema teater karena memang kastil ini didedikasikan bagi Richard Wagner, seorang komposer dan seniman opera kenamaan idola raja Ludwig II. Lebih dari 1 juta wisatawan mengunjungi kastil Neuschwanstein setiap tahunnya.  Kecantikan kastil ini menjadi inspirasi bagi Disneyland dalam membuat kastil Sleeping Beauty.


Hohensalzburg


Photo by hecktictravels.com

Sebagai kastil yang dibangun pada abad ke-11, Hohensalzburg yang terletak di sebuah gunung di Salzburg, Austria ini merupakan salah satu kastil tertua yang dilestarikan dengan baik di Eropa. Dinding kastil mulai dibangun pada tahun 1077 di bawah pengawasan uskup Gebhard von Helfenstein, dengan rancangan awalnya berupa dinding kayu yang sederhana.  Kemudian pada masa Kekaisaran Romawi kastil ini diperluas dan diperkokoh untuk menjaga kepentingan para uskup.

Dengan panjang sekitar 250 meter dan lebar sekitar 150 meter, kastil Hohensalzburg sempat dijadikan penjara pada awal abad ke-20 bagi para tahanan Perang Dunia I asal Italia dan aktivis Nazi. Pada April 2006, kastil yang menyimpan sebuah aerofon raksasa dengan lebih dari 200 pipa ini terpilih sebagai motif koin Nonnberg Abbey yang merupakan koin pertama dari seri koin “Great Abbeys of Austria”.

 

Beri komentar:

Email anda tidak akan ditampilkan. Kotak dengan tanda (*) wajib diisi

*


× 2 = two