KASTIL TERINDAH DI DUNIA – BAGIAN 2

Bagi Anda yang pernah menonton film kartun atau animasi, atau pernah membaca buku cerita anak-anak, banyak sekali kisah di film atau buku tersebut yang menampilkan istana yang dihuni oleh raja dan ratu. Di kehidupan nyata pun banyak terdapat istana, terutama di negara-negara yang dipimpin oleh seorang raja atau ratu. Umumnya di negara-negara berbentuk monarki (kerajaan), selain istana juga terdapat sejumlah kastil yang (pernah) berfungsi sebagai tempat tinggal para bangsawan. Kastil yang sudah tidak dihuni biasanya dijadikan museum dan dapat dikunjungi oleh publik.  Berikut ini adalah tiga kastil terindah di dunia versi 10 Most Today.com :

 

Conwy

Photo by castlewales.com

Terletak di Conwy, pantai utara Wales, Inggris, kastil Conwy dengan 8 menara bulat raksasa adalah kastil termahal dan termegah yang pernah dibuat oleh raja Edward I. Kastil yang sebagian besar bahannya terbuat dari batu ini dibangun oleh raja tersebut pada abad ke-13. Setiap wisatawan yang berkunjung ke sana akan langsung merasakan suasana abad pertengahan dengan pemandangan pegunungan dan laut di sekitarnya.

Berdiri di atas lahan yang dikelilingi dinding sepanjang lebih dari 1,2 kilometer, kompleks kastil Conwy pada akhirnya membentuk sebuah kota kecil  yang dijaga oleh total 22 menara. Selama berabad-abad, kastil ini memainkan peran penting dalam sejumlah perang. Pada akhir abad ke-18 hingga awal abad ke-19, kastil ini menjadi obyek favorit para seniman lukis, lalu mulai menjadi destinasi wisata pada pertengahan abad ke-19 dan pada abad ke-21 dikelola secara serius oleh pemerintah setempat. UNESCO menilai kastil Conwy sebagai contoh arsitektur militer terbaik Eropa dari abad ke-13 dan ke-14 dan memasukannya ke dalam daftar situs warisan dunia.

 

Kilkenny

Photo by kilkennycastle.ie

Kastil Kilkenny adalah sebuah kastil bergaya Anglo-Norman yang berdiri dengan megah pada ketinggian di atas sungai Nore, kota Kilkenny, Irlandia. Kastil ini dibangun pada tahun 1195 oleh William Marshal, seorang bangsawan, awalnya untuk mengendalikan arus sungai tersebut dan persimpangan sejumlah rute.

Selama lebih dari 8 abad, banyak penambahan dan perbaikan yang dilakukan pada kastil ini, sehingga gaya arsitekturnya pun menjadi kompleks. Kastil Kilkenny sempat menjadi tempat tinggal utama bagi keluarga Butler, dinasti bangsawan yang sangat berkuasa, selama hampir 600 tahun. Anggota keluarga Butler yang terakhir kemudian menjual kastil tersebut kepada Komite Restorasi Kastil pada pertengahan abad ke-20. Sejak itu kastil Kilkenny pun dibuka untuk umum.

 

Praha

Photo by czechtourism.com

Dibangun pada awal abad ke-9 oleh pangeran Borivoj di atas lahan seluas lebih dari 7 hektar, kastil ini disebut-sebut sebagai kastil tua terbesar di dunia. Sesuai namanya, kastil Praha berada di kota Praha, republik Ceko, memiliki panjang sekitar 570 meter dan lebar sekitar 130 meter. Awalnya benteng kastil dibuat dari kayu dan pernah mengalami setidaknya 4 rekonstruksi besar tanpa menghilangkan peremajaan yang pernah dilakukan pada abad ke-18 semasa pemerintahan Maria Theresa.

Kastil Praha senantiasa menjadi tempat tinggal resmi para pemimpin Ceko, mulai dari para raja Bohemia, para kaisar Roma, hingga para presiden Ceko. Selain 3 pekarangan luas, sejumlah taman dan gereja, di sana juga terdapat makam Santo Yohanes dari Nepomuk dan perhiasan mahkota bergaya bohemia yang disimpan dalam sebuah ruang tersembunyi. Untuk menikmati kastil secara menyeluruh, para wisatawan perlu meluangkan sekitar setengah hari jika berkunjung ke kastil Praha.

 

Beri komentar:

Email anda tidak akan ditampilkan. Kotak dengan tanda (*) wajib diisi

*


× 3 = twenty seven