PEKANBARU

Kota Pekanbaru yang merupakan  ibukota provinsi Riau adalah kota dengan jumlah penduduk terbanyak ke-3 di pulau Sumatera. Kota dagang multi etnis ini dihuni oleh mayoritas penduduk berdarah Minangkabau, sedangkan sisanya terdiri atas etnis Melayu, Tionghoa, Batak, dan Jawa.

Terletak di posisi strategis, yaitu di jalur lintas timur Sumatera, dan terhubung dengan kota Medan, Padang, serta Jambi membuat Pekanbaru memiliki laju pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi. Selain itu industri minyak bumi yang telah berjalan puluhan tahun turut berperan dalam pembangunan kota yang memiliki bandar udara  internasional Sultan Syarif Kasim II dan terminal Bandar Raya Payung Sekaki ini yang melayani arus transportasi dari maupun ke Pekanbaru.

 

Wisata Sejarah

Istana Siak Sri Indrapura

Meski terletak di luar kota Pekanbaru, yaitu di kabupaten Siak, obyek wisata yang satu ini wajib dikunjungi. Istana Siak Sri Indrapura atau dikenal juga sebagai Istana Asherayah Al Hasyimiyah dibangun oleh Sultan Syarif Hasyim Abdul Jalil Syaifuddin pada tahun 1889.  Dengan gaya arsitektur Eropa, Arab, dan Melayu, istana ini terdiri dari dua lantai. Di antara sekian banyak barang koleksinya terdapat patung perunggu Ratu Wilhelmina dari Belanda, patung Sultan Syarif Hasyim I yang terbuat dari batu pualam berhiaskan berlian, gendang kuno berusia sekitar 200 tahun, dan senjata pusaka peninggalan sang Sultan. Lokasi : Jl. Sultan Syarif Kasim, Siak.

Photo by ramadhan.kompas.com

 

Wisata Budaya

Masjid Agung An Nur

Masjid yang dijuluki Taj Mahal-nya Pekanbaru ini mengkombinasikan gaya arsitektur Melayu, Arab, Turki, dan India dengan dominasi warna hijau. Terdiri atas tiga lantai, Masjid Agung An Nur memiliki lima kubah dan empat menara. Di halaman bangunan utamanya terdapat sebuah kolam besar dan air mancur. Masjid ini tampak lebih cantik pada malam hari di mana refleksi cahaya warna warni dari lampu  menghiasi kolam. Lokasi : Jl. Syekh Burhanuddin, Pekanbaru.

Photo by riau-airlines.com

 

Perpustakaan Soeman H.S

Mungkin bagi banyak orang perpustakaan adalah sebuah tempat membosankan, yang tidak pernah terlintas di kepala sebagai tujuan wisata.  Tapi perpustakaan yang satu ini patut dikunjungi oleh pelancong yang datang ke Pekanbaru.  Bukan saja bentuk bangunannya yang unik, yaitu berbentuk papan alas untuk membaca Al Quran, tapi juga fasilitas yang tersedia serta ragam koleksi bukunya yang luar biasa. Perpustakaan Soeman H.S, yang diambil dari nama seorang novelis asal Riau, terdiri dari enam lantai dan memiliki kantin, kafe, mushola, dan auditorium, serta dilengkapi dengan koneksi internet. Koleksi literatur Melayu di perpustakaan ini adalah yang terlengkap di Indonesia. Lokasi : Jl. Sudirman 462, Pekanbaru.

Photo by duniaperpustakaan.com

 

Wisata Kuliner

Miso Sei Rempah Rajawali

Sekilas tampak seperti sop, miso sei terdiri atas bihun, daging ayam, hati dan ampela ayam dengan kuah yang kaya akan rempah-rempah. Taburan kerupuk di atasnya melengkapi penganan segar ini. Rekomendasi : Miso Sei Rempah Rajawali di Jl. Rajawali 44, Sukajadi, Pekanbaru.

Photo by kulinerpku.com

 

 

 

 

 

 

Sate Rusa

Terbuat dari daging rusa, satu porsinya terdiri dari lima tusuk saja. Bumbu kacang tersedia sebagai cocolan, dilengkapi dengan irisan timun dan tomat. Rasanya mirip daging kerbau namun teksturnya lebih padat dan rasanya lebih manis. Rekomendasi : RM Era 51 di Jl. Kaharuddin Nasution No. 31, Pekanbaru.

Photo by wisatapekanbaru.com

 


 

Oleh-Oleh

Keripik Nanas

Photo by batikriau.com

 

Dodol Kedondong

Photo by food.detik.com

 

Kacang Pukul

Photo by travelmatekamu.com

 

Beri komentar:

Email anda tidak akan ditampilkan. Kotak dengan tanda (*) wajib diisi

*


6 − = one