PONTIANAK

Pontianak, kota yang dijuluki sebagai Kota Khatulistiwa, adalah ibukota provinsi Kalimantan Barat. Dijuluki demikian karena kota ini berada tepat pada garis khatulistiwa yang membatasi bumi bagian utara dan selatan. Etnis Melayu dan Tionghoa adalah etnis mayoritas yang menduduki Pontianak, selain etnis Jawa, Madura, Bugis, Dayak, Banjar, Arab, dan lain sebagainya.

Kota yang dilalui sungai Kapuas, sungai terpanjang di Indonesia ini, memiliki bandar udara internasional Supadio dan pelabuhan Pontianak guna mengakomodir kebutuhan transportasi antar kota dan antar negara.

 

Wisata Sejarah

Keraton Kadriah

Photo by infopontianak.org

Adalah Sultan Syarif Abdurrahman Alqadrie, sultan pertama Kesultanan Pontianak yang membangun keraton ini pada tahun 1771. Bangunannya terbuat dari kayu belian yang terkenal akan kekuatannya dan didominasi warna kuning. Mulai dari halaman hingga dalam keraton terdapat benda-benda bersejarah, seperti meriam kuno peninggalan jaman Jepang dan Portugis, bekas singgasana dan pakaian sultan dan permaisuri, Al-Quran hasil tulisan tangan sang sultan, kaca pecah seribu dari Perancis, foto-foto, dan benda-benda kuno lainnya.  Lokasi : Kampong Dalam Bugis.

 

Museum Kalimantan Barat

Photo by wisatapontianak.com

Disebut juga Museum Negeri Pontianak, museum ini terdiri dari 3 zona, yaitu :

–       Ruang Pengenalan yang menyimpan koleksi geografika/geologika, biologika, arkeologika, historika, numismatika, dan heraldika

–        Ruang Budaya Kalimantan Barat yang menyimpan koleksi dari 7 unsur kebudayaan

–       Ruang Keramik yang menyimpan berbagai koleksi dari Singkawang, China, Vietnam, Jepang, dan Eropa

Selain itu, di halaman belakang museum juga terdapat sejumlah replika dan miniatur seperti replika batu pahit, miniatur perahu lancang kuning, dan lain-lain. Lokasi : Jalan Jendral Ahmad Yani, Pontianak.

 

Wisata Budaya

Rumah Betang Radakng

Photo by indonesia-tourism.com

Replika rumah adat suku Dayak ini sengaja dibangun oleh pemerintah untuk melestarikan budaya setempat. Dengan panjang 138 meter, lebar 5 meter, dan tinggi 7 meter, Rumah Betang Radakng tercatat sebagai rumah adat terpanjang di Indonesia yang dapat menampung sekitar 600 orang. Pada bangunan yang terbuat dari kayu ulin ini terdapat 3 bagian, yaitu teras, selasar yang digunakan sebagai ruang kumpul keluarga, dan ruang tidur. Lokasi : Jalan Sutan Syahrir, Kota Baru, Pontianak.

 

Wisata Kuliner

Sotong Pangkong

Photo by wisataindonesia.co.id

Terbuat dari cumi yang dikeringkan lalu dipanggang dan dipukul-pukul agar dagingnya menjadi empuk. Disajikan dengan sambal kacang atau kuah asam pedas manis. Dapat ditemui selama bulan Ramadhan di kios-kios sepanjang jalan Merdeka, Pontianak.

 

Lek Tau Suan

Photo by satujam.com

Terbuat dari kacang hijau yang sudah dikupas kulitnya sehingga tampak seperti mutiara. Oleh sebab itulah kuliner ini dinamakan Lek Tau Suan yang artinya “butiran mutiara kacang hijau”. Dimasak dengan tepung tapioka dan disajikan dengan cakue. Dapat dijumpai di sepanjang jalan Gajahmada, Pontianak.

 

Oleh Oleh

Lempok Durian

Photo by news.lewatmana.com

 

Amplang

Photo by wisatapontianak.com

 

Manisan Lidah Buaya

Photo by tokopedia.com

 

Beri komentar:

Email anda tidak akan ditampilkan. Kotak dengan tanda (*) wajib diisi

*


− 1 = five