Uniknya Pulau Formosa

Taiwan, satu dari 4 Naga Asia, sempat dikenal dengan nama Formosa yang dalam bahasa Portugis berarti “indah”. Pulaunya yang bergunung-gunung dan kebudayaannya yang dipengaruhi oleh kebudayaan China, Jepang dan Eropa menjadikan negara ini unik. Berikut ini adalah beberapa destinasi wisata andalan negara tersebut :

Taman Nasional Taroko

photo by blog.travelpod.com

Terdapat 7 taman nasional di Taiwan, dan yang terpopuler adalah Taman Nasional Taroko. Dibangun pada Desember 1937, taman ini awalnya bernama Tsugitaka, saat Taiwan masih menjadi bagian dari kekaisaran Jepang. Setelah Perang Dunia II, China mengambil alih Taiwan dan taman ini dibangun kembali pada November 1986.

Taman Nasional Taroko terkenal akan ngarai Taroko, yaitu dinding batu marmer yang terbentuk akibat erosi yang ditimbulkan oleh sungai Liwu. Sekitar 200 juta tahun yang lalu dinding batu tersebut masih berupa sedimen yang berada di dasar laut. Kumpulan sedimen ini kemudian berubah menjadi batu gamping, lalu karena tekanan tekntonik yang ditimbulkan oleh lempeng laut Filipina dan lempeng Eurosian, batu gamping pun lama kelamaan berubah menjadi marmer dan mencuat ke permukaan laut.

Keunikan lain dari ngarai Taroko adalah terdapatnya kandungan batu giok di sana. Batu giok jenis tersebut hanya ditemukan di Taiwan dan dipasok ke pasar giok di kota Hualien.

Taman Nasional Taroko seluas 920 km2 ini merupakan sebuah karya agung alami yang sangat mempesona baik bagi wisatawan bintang lima mau pun backpackers. Terowongan batu, air terjun, jalur pendakian, dan jalur bersepeda adalah sebagian daya tarik yang dapat dinikmati di sana. Terletak di Hualien, Taman Nasional Taroko dapat dicapai dalam beberapa jam dari kota Taipei.

Danau Sun Moon

photo by theepochtimes.com

Danau Sun Moon adalah danau terbesar di Taiwan yang terletak di Yuchi, Nantou. Nantou sendiri merupakan tempat tinggal penduduk asli Taiwan, yaitu suku Thao.

Dengan luas sekitar 7,93 km2 dan kedalaman sekitar 27 meter, danau ini merupakan danau dengan pemadangan pegunungan di sekitarnya. Air danau yang jernih kehijauan, pada dini hari senantiasa diselimuti oleh kabut tipis. Terdapat pulau Lalu, pulau kecil yang membelah danau ini sedemikian rupa sehingga bagian timurnya berbentuk bulat seperti matahari dan bagian baratnya berbentuk seperti bulan sabit. Dari situlah danau ini dinamakan Sun Moon Lake (danau Matahari Bulan).

Di sekeliling danau terdapat jalur pendakian bagi pecinta kegiatan hiking. Wisatawan dapat juga menikmati pemandangan di sekitar danau dengan bersepeda keliling danau atau menjelajahi danau menggunakan perahu. Sementara berenang tidak diperkenankan di sana.

Setiap tahun diadakan beberapa festival di danau Sun Moon, di antaranya festival kembang api, pertunjukan sinar laser, dan konser musik.

Danau Sun Moon merupakan destinasi wisata yang sangat cocok bagi para wisatawan yang ingin berelaksasi sambil menikmati suasana yang tenang dan damai.

Museum Biologi Kelautan dan Akuarium Nasional

photo by eng.taiwan.net.tw

Museum yang terletak di Checheng, Pingtung ini dibuka pada Februari 2000. Dengan luas sekitar 96 hektar, museum ini dilengkapi dengan taman air di sekelilingnya yang merupakan taman air terbesar di Taiwan.

Terdapat 3 bagian utama di sana, yaitu :

1. Perairan Taiwan yang menampilkan air terjun, habitat sungai, dan reservoir untuk melihat hewan-hewan
2. Paviliun Kerajaan Karang yang menampilkan aneka ragam habitat terumbu karang dari perairan dangkal sampai laut dalam
3. Paviliun Perairan Dunia yang menampilan samudera Precambrian kuno dan formasi samudera, serta sejarah samudera sejak ratusan tahun yang lalu hingga saat ini.

Selain memiliki terowongan bawah air sepanjang 81 meter (terpanjang di Asia), Museum Biologi Kelautan dan Akuarium Nasional ini juga memiliki beberapa fasilitas penelitian. Bekerja sama dengan NASA, museum ini mengerjakan proyek guna memonitor kualitas udara di wilayah laut Cina Selatan.

Pasar Malam Shilin

photo by en.wikipedia.org

Pasar Malam Shilin adalah pasar malam terbesar dan terpopuler di Taiwan. Terletak di distrik Shilin Taipei, dekat bekas lokasi darmaga sungai Khilung, pasar malam ini dibangun seiring berkembangnya jumlah pelaku niaga hasil pertanian di sana.

Pasar Malam Shilin terbagi menjadi dua bagian, yaitu bagian yang dahulu bertempat di gedung pasar Shilin tua di mana banyak penjual makanan dan restoran kecil; dan bagian yang menjual barang-barang non pangan. Terdapat pujasera yang menaungi 539 kedai, sementara lantai dua berfungsi sebagai tempat parkir yang mampu menampung 400 mobil. Di sepanjang jalan berjajar para pedagang kaki lima. Selain itu juga terdapat bioskop, tempat permainan video, tempat karaoke, toko furnitur, toko pakaian, toko hewan peliharaan, dan banyak lagi.

Pasar malam Shilin yang tersohor dengan aneka masakan nan lezat mulai beroperasi sejak jam 4 sore hingga jam 2 malam setiap harinya, dengan puncak keramaian sekitar jam 8 hingga jam 11 malam. Berhubung letaknya yang dekat dengan beberapa sekolah, maka pengunjung terbanyak di pasar malam ini adalah pelajar.

Jadwal wisata 8D/6N Taiwan Round The Island : berangkat pada 25, 26, 27, 28 Desember 2011.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi Raptim Tours & Travel di nomor telepon atau alamat yang tercantum di website ini.

Beri komentar:

Email anda tidak akan ditampilkan. Kotak dengan tanda (*) wajib diisi

*